Elviandri

Sebuah Ruang Kebebasan

Sudah lama tidak menulis disini.
Padahal ada banyak sekali ide-ide tulisan yang hendak kubagi.

Hari ini, tepat 20 Desember 2013, hari jum'at dimana saya telah mendeklarasikan diri sebagai hari menulis.
Ya, hari jum;at. Tak ada yang spesial memang, namun saya sadar bahwa menulis itu tidak pada waktu luang tapi memang harus meluangkan waktu. Hingga lahirlah ide ini bersama seorang teman untuk saling berkoreksi tulisan di setiap hari jum'at.

Namun, ada sedikit yang aneh. Entah karena sumber tulisan yang terlalu banyak, atau apalah itu. Aku malah seperti terpenjara dalam sebuah ruang kebebasan. Dimana banyak terdapat norma-norma dan nilai yang sangat kuat harus tetap dipertahankan. Yang tidak semua gagasan harus dicetuskan dalam sebuah tulisan.

Semakin hari, semakin merasa tidak memiliki ruang yang cukup bebas untuk menulis. Untuk berbagi aspirasi, berbagi pengalaman. Pun juga untuk share tautan ini, maupun tautan itu. Ini semua mungkin disebabkan keberagaman "teman" yang sekarang jauh sangat lebih heterogen dari tahun-tahun sebelumnya. Ada yang mungkin pemahaman mereka itu ekstrim kiri, ada juga yang ekstrim kanan. Yang memperjuangkan HAM, namun menomor duakan nilai-nilai dalam Agama. Yang memperjuangkan syariat dalam keyakinan namun tidak terlampau peduli dengan Hak manusia sebagai manusia.

Saya sebisa mungkin ingin menghindari konflik maupun sebuah perdebatan. Karena tak akan nyaman hidup kita bukan? Sedang berusaha untuk menjadi penulis yang memakai sudut pandang sebagai orang tengah yang netral. Sehingga tidak ada suatu golongan tertentu yang merasa dirugikan. Sehingga tidak ada golongan tertentu yang merasa saya bagian dari mereka atau saya bagian dari yang membenci mereka.





Bukan. Bukan.

Selamat malam